investasi saham forex
Monday, June 18, 2012

Form Gratis Untuk Blog dan Karakternya

Blogger sekalian yang saya hormati. Mungkin sudah banyak posting mengenai form gratis untuk blog atau daftar isian yang dapat menghubungakan antara pemilik blog dengan pengunjung. Ada berbagai macam jenis form gratis yang sering ditemui di dunia perwebsitan, yaitu ada form survey, form buku tamu atau guest book, form order dan lain sebagainya. Ini penting dalam menjaring aspirasi dari pengunjung. Apalagi form order, ini sangat penting bagi seorang penjual, karena penjual yang baik haruslah mengetahui kebutuhan pelanggannya. Di dunia gratisan telah tersedia berbagai form gratis untuk blog dan juga form dengan berbagai variasi template yang menarik.

Oke, kali ini saya coba paparkan berbagai site yang melayani pembuatan form untuk dipasang di website maupun di blog beserta pernak perniknya. Sharing gitu antara saya dan anda. Namun, kali ini saya batasi saja untuk tiga macam site gratisan yang lumayan baguslah menurut pandangan saya.

Kontactr
Alamat site: http://kontactr.com
Site form maker gratisan ini mudah digunakan. Di situ sudah ada form standard  yang dapat anda gunakan untuk. Namun sayangnya standar banget, jadi namanya kontactr yang cenderung hanya bisa dipake untuk form kontak saya saja, sehingga layanan gratisan ini tidak dapat divariasikan content apa yang akan dimasukkan. hanya sebatas nama, email, subject dan message. Persis kayak kalo mo kirim e-mail gitulah tapi tanpa ada variasi lain. Namanya juga contact form, ya hanya itulah yang bisa digunakan.
Ketika ada pengunjung yang mengisi contact form model kontactr ini, secara otomatis langsung dikirim lewat e-mail yang telah anda daftarkan.

Cara membuatnya juga simple saja, tinggal sign up free di situ kemudian anda pilih deh modelnya, ada yang langsung tampil formnya, ada juga yang berupa button atau link saja.
Ntar generate dah codenya di situ. anda akan dapatkan codenya dan tinggal dipasang di widget html atau di kolom posting blog anda.
Kesimpulan: Form Praktis dan mdah digunakan, Cocok untuk Form Contact Me


Google Doc/ Google Drive
Alamat site:  https://docs.google.com  atau https://drive.google.com
(perlu diketahui bahwa dalam waktu dekat google doc akan berganti ke google drive)
Site ini adalah layanan google yang menurut saya cukup membantu. Google memang banyak inovasi dan pelayanannya, jempol dah buat google.
Model Form di sini bisa dipilih dan dibuat sendiri sesuai kehendak anda. Baik kata-kata pertanyaan maupun bentuk jawaban (text, paragraf, ceklist, dll).
Template banyak pilihannya.
Anda akan mendapatkan code i frame dari google doc ini. Namun sayangnya lebar dan tingginya standar banget gak bisa dirubah. Jadi kalau dibuat semacam form munculan kurang asyik.
Form ini akan terintegrasi dengan  sebuah data base di google doc yang bentuknya mirip banget kayak mocrosoft office excell, dan bisa dikelola dengan rumus maupun perlakuan yang lain. Data bisa juga didownload untuk dimasukkan ke komputer anda atau di share.

Cara membuat form ini mudah juga. Masuklah ke sitenya google docJika anda sudah punya akun gmail pake aja itu untuk login, bagi yang belum punya ntar sign up dulu, isi data yang diminta. Nanti tinggal create dan pilih form. Klik aja bagian yang mau diedit. Terus kalau mau menambahkan item baru ya add item (ada di bagian atas sebelah kiri halaman). Oh ya anda juga dapat mengatur jenis pertanyaan yang wajib diisi (centang pada make this required question.

Kemudian anda bisa buka di bagian More Action untuk mendapatkan code embed untuk anda pasang di kolom posting atau widget html (tapi untuk di widget rasanya kurang sip deh). Di more action itu anda juga dapat mengatur kata-kata respon setelah orang submit form.

Kesimpulan: Lebar dan tinggi form di atur untuk standard kolom posting. Jika anda rubah width dan height di code embednya maka akan terbentuk scroll secara otomatis. Gitu mas bro...
Pengelolaan data mudah, dan enak untuk diedit.

Contoh Form ini seperti yang saya pakai di Layanan Jasa Design

EmailMeForm
Alamat site: https://www.emailmeform.com
Layanan ini cukup bagus menurut saya untuk gratisan. Form ini akan memberikan code yang bisa digenerate dalam bentuk html/java script, html saja ataupun bentuk yang lain. Banyak pilihan yang memudahkan kita untuk mengatur lebih lanjut. Termasuk lebar dan tinggi kolom, maupun besar kecil huruf. Sesuai selera kita, mantab banget. Dan ini cukup bagus saya rasa. Mudah-mudahan sih layanan gratisan ini tidak hilang secara tiba-tiba. Rajin-rajin aja membackup data anda. Data akan disimpan di databasenya emailmeform sendiri dan juga dikirim via email ke alamat email anda setiap ada yang mengisi data isian.

Cara pembuatan mirip kayak di google doc. Jadi bisa atur sendiri item-itemnya dan juga template bwt latar belakang tampilan. Langsung aja buka sitenya dan signup disitu. Ntar anda juga bisa pilih kok ke alamat e-mail yang mana akan dikirimkan datanya.

Kesimpulan: Cara membuatnya mudah, bisa diatur sesuai kehendak kita baik lebar maupun tinggi kolomnya. Dan anda dapat menggenerate code dalam berbagai macam versi.

Oke sobat, silahkan anda coba dan pilih sendiri mana yang kira-kira cocok menurut anda. Sebab kebutuhan masing-masing orang beda kan?
Klo mau yang lebih variatif lagi dan mendapat jaminan keamanan dari si penyedia layanan data, ya saya sarankan upgrade ke layanan berbayar saja.

Demikianlah sobat info tentang Form-Form gratisan yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan layanan di website/ blog anda.

Selamat Mencoba
Semoga dapat menambah wawasan anda.
Admin-Blog Tutorial




Baca Juga » Info Kontes - Kompetisi Tingkat Nasional-International


2 komentar:

Mizzart Al Fatih said...

wah ini yang saya suka, makasih gan :)
jgn lupa kunjungi blog saya ya :)

Unknown said...

oke thanks

Follow Us

Daftar Artikel

Created by. Amru Sholihin. Powered by Blogger.

TIPS SEO HARI INI

Anda punya Blog? Atau website ingin meningkatkan Page Rank di Search Engine? Klik logo-logo di bawah ini untuk melihat caranya :
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com
Paid Review Indonesia
Adsense Indonesia
Get our toolbar!

PageRank Display

PageRank